Sedekah bumi Desa Pendem Ngaringan

Sedekah bumi adalah ritual adat jawa yang dilaksanakan turun temurun dari nenek moyang kita.
Sedekah adalah rasa syukur bumi kepada Tuhan Yang  Maha Esa karena bumi yang kita injak setiap hari yang digunakan untuk manusia beraktifitas tiap hari .
Bahkan tiap hari kita membuang kotoran pada bumi kita,namun dibalik itu semua bumi telah memberikan manfaat yang sangat besar untuk kita semua.Karena dari bumi inilah kita merasakan kenikmatan dalam kehidupan.


Disetiap benih yang kita taburkan atau kita tanam ,akan tumbuh sesuai dengan benih  yang kita inginkan.Dibumi yang sama akan tumbuh berbagai macam tumbuhan tanaman yang sangat bermanfaat luar biasa untuk kita semua.
Dan dibulan ini bulan apitan tepat hari jum ‘at wage  bertepatan tgl.17 juni 2022 Desa Pendem Kecamatan Ngaringan mengadakan tasyakuran Sedekah bumi.Dan seperti biasa tempat yang digunakan untuk Sedekah bumi adalah ada  tempat yang disyakralkan seperti Balai desa pusat pemerintahan desa ,lapangan ,tempat wingit dan ditempat tokoh masyarakat /perangkat desa.
Untuk Desa Pendem ada empat dukuhan jadi pelaksanaan juga empat tempat. Dukuh krajan bertempat Balai Desa, Dukuh Dawung ditempatnya Ketua RT,Dukuh Kleco ditempat Perangkat Desa/ Kepala Dusun sedangkan Dukuh Geneng bertempat di Sumur  Brumbung.
Sedekah bumi merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan keberkahan bumi maka didesa pendem pelaksanaan sedekah bumi dipimpin oleh Kepala Desa Pendem dan sebagai pimpinan doa dipimpin Kasi Pelayanan Umum.
Alhamdulillah …pelaksanaan sedekah bumi desa pendem berjalan  lancar dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.